PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS IV DI SD N BUGANGAN 03 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v1i1.1113Keywords:
Teaching materials, Reasoning Ability, Open Ended ApproachAbstract
References
Anwar, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis SMP. Jurnal Didaktik Matematika. 2(1): 54
Atmojo, S. E., & Kurniawati, W. (2018). Pengembangan Buku Ajar Tematik Bervisi Sets Untuk Menanamkan Konsep Sustainable And Renewable Energy Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Burais, L.,M Ikhsan.,dan M Duskri. 2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika. 3(1): 77.
Farida dan Suyadinata. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Berbasis Open Ended. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 5(2):151
Herdiman, Indri. 2017. Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa SMA. JES-MAT. 3(2): 203-204.
Indah, Yurri Puspita. 2016. “Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa SD Pada Materi Pengukuran Panjangâ€. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Sumedang.
Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2015). Pengembangan lembar kerja berbasis inkuiri terintegrasi kelompok mata pelajaran perekat bangsa untuk menumbuhkan kemampuan berpikir dan karakter ilmiah siswa. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 2(1).
Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2017). Pembelajaran Sains Bermuatan Karakter Ilmiah Dengan Alat Peraga Barang Bekas Dan Asesmen Kinerja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 48-59.
Lestari, dkk. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya. 10(1): 94
Mustadi, A., & Atmojo, S. E. (2020). Student’s disaster literation in ‘SETS’(science environment technology and society) disaster learning. Elementary Education Online, 19(2), 667-678.
Mustikasari, dkk. 2010. Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1): 47.
Pamungkas, Subhan dan Yuyu Yuhana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematik. 9(2):178.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Purnomo, Djoko. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Berpikir. Jurusan Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1): 1.
Ridha, Rasyid. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis dengan Laps-Heuristics dan Pendekatan Open Ended. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1): 94.
Rosita, Cita Dewi. 2014. Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Jurnal Euclid. 1(1): 34.
Ruslan dan Santoso. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. JURNAL KREANO. 4(2): 140-148.
Setianingsih, Eka Sari, dkk. 2017.Perkembangan Peserta Didik. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Shadiq, F. (2004). “Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasiâ€. Diklat instruktur/Pengembangan Matematika SMA di Yogyakarta.
Soeyono, Yandri. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2): 208.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumartini. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1): 2-4.
Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es