RELEVANSI ANTARA MATERI PEMBELAJARAN MENULIS DALAM BUKU PELAJARAN KELAS 5 SEKOLAH DASAR DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1072Keywords:
basic competencies, 2013 curriculum, writing material, relevanceAbstract
References
Abdulkarim, A. (2007). Analisis Isi Buku Teks dan Implikasinya dalam Memberdayakan Keterampilan Berfikir Peserta didik SMA. Jurnal Forum Kependidikan, 26(2), 71–80.
Bangun, T. A. (2016). Analisis kesesuaian antara komponen RPP Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 14 Langsa dan Kurikulum 2013. Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(1).
Bariyah, L. (2014). Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMPN di Kabupaten Mojokerto Pada Sub Materi Fotosintesis dengan Kerikulum 2013. BioEdu, 3(3).
Cooper, J. D. (1993). Literacy: Helping Children Construct Meaning (2end. Ed). Houghston Mifflin Company.
Dewi, M. P., & Taufina, T. (2020). Analisis Kesesuaian Materi IPA Buku Siswa Kelas IV SD terhadap Standar Isi Kurikulum 2013. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 10(1), 50–54.
Dhinata, S. C., & others. (2016). Analisis Kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Kelas I SD/MI Tema Keluargaku dengan Kurikulum 2013. Universitas Negeri Semarang.
Fairuz, T. (2019). Analisis Kesesuaian Materi IPA dalam Buku Ajar Kelas V SD/MI dengan Kurikulum 2013. MUBTADA, 2(2).
Hamalik, D. O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan. Malang: Literasi Nusantara.
Handayani, R. A. (2018). Kesesuaian Materi Terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Buku Ajar Bahasa Arab. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), 28–43.
Hartanti, D. (2016). Analisis Kesesuaian Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi pada Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Khumairo, G. F. (2015). Analisis Buku Teks Biologi Kurikulum 2013 SMA Kelas XI Ditinjau dari Ketepatan Konsep dan Tingkat Akomodasi Pendekatan Saintifik Pada Konsep Sistem Ekskresi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PT Raja Grafindo Persada.
Muljono, P. (2010). Kegiatan penilaian buku teks pelajaran pendidikan dasar dan menengah. Buletin BSNP, 2(1), 21.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Muslih, M. (2010). Text Book Writing. Ar-ruzz Media.
Nafi’ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Ar-Ruzz Media.
Nova, N., & Habudin, H. (2017). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku Dengan Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(01), 111–130.
Novianto, A. A. M. (2015). Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1), 109685. https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7181
Priyatni, E. T. (2014). Desain pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Putri, A. E. (2018). Analisis Kesesuaian Materi Klasifikasi Tumbuhan pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.
Rikiza, P. (2010). Kesesuaian Antara Materi Plantae yang Disampaikan Guru di SMAN Kota Bandung dengan Kompetensi Dasar. Bandung: Universitas Lancang Kuning.
Ruminiati, R., & Andajani, K. (2017). Analisis Kesesuaian Isi Buku Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Dengan Pendidikan Karakter, Dan Pendekatan Scientific. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 27–36.
Simamora, A. H., & Sudarma, I. K. (2017). Analisis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 1(2), 149–155.
Sugiyono, P. D. (2008). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.
Waluyo, M. (2010). Analisis Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Kontekstual. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yusmium, I. (2015). Analisis buku teks mata pelajaran ilmu pengetahuan alam SMP/MTs Kurikulum 2013. UIN Walisongo.
Zabadi, F. (2010). Bahasa Indonesia Sebagai Penghela dan Wahana Ipteks serta Implikasi Metodologis Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. 1–14.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es