Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Lembar Kerja Siswa Muatan Pelajaran Ips Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar

Authors

  • Firosalia Kristin PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1038

Keywords:

Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Karakter, RPP, LKS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran IPS berupa RPP dan LKS berbasis karakter pada siswa kelas 4 SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Instrument yang digunakan di validasi ahli dan praktisi kemudian hasil validasi di analisis dan dideskripsikan. Melalui hasil validasi diperoleh bahwa perangkat pembelajaran IPS berupa RPP memperoleh skor rata-rata 83,61 dan berada pada kategori baik. Sedangkan untuk LKS memperoleh skor 84,52 berada pada kategori baik. Dengan demikian RPP dan LKS tersebut layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan mengintegrasikan Pendidikan karakter di dalamnya.

 

The purposes of this research were to produce social studies learning equipment in the form of lesson plans and students' worksheets based on the character for grade 4 of elementary school. This research type is development research. The research instruments used by the researcher were validated by experts and practitioners, then the results of the validation were analyzed and described. The result was shown that social studies learning equipment in the form of lesson plans obtained an average score of 83.61 and was in a good category. Meanwhile, students' worksheets obtaining a score of 84.52 was a good category. Thus, the lesson plans and students' worksheets were suitable for the learning process by integrating character building in them.

Author Biography

Firosalia Kristin, PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

Dosen PGSD FKIP, Bidang Keahlian Pendidikan IPS SD

References

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 79-92.

Suwartini, S. (2018). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Soft Skill Pada Siswa SD Kelas II. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 7(2), 102-106.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terhadap Kesiapan Guru sebagai “Role Model†Keterampilan abad 21 pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Irwansyah, M., & Ariyansyah, A. (2019). Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Sikap Dan Pengetahuan Siswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 94-102.

Arikunto, S, & Jabar, C.S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Terotis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutarti, T, & Irawan, Edi. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan, Ed.1, Cet. 1—Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2021-01-06

Citation Check