Analisis Strategi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengembangkan Potensi Peserta Didik Di SDN Kelapa Dua Kota Serang

Authors

  • Siti Farah Huwaida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Trian Pamungkas Alamsyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4330

Abstract

Pada dasarnya setiap anak memiliki potensi yang beragam, termasuk kecerdasan berbeda, bakat dalam berbagai bidang, minat yang beraneka ragam, serta tantangan dan kebutuhan yang bervariasi. penting untuk mengidentifikasi dan merespon potensi masing-masing peserta didik agar mereka dapat mencapai prestasi maksimal dengan melalukan analisis kebutuhan sesuai dengan langkah awal dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.Pembelajaran berdiferensiasi berupaya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, dimana setiap peserta didikmerasa dihargai dan didukung, hal ini dilakukan untuk meningkatkan pencapaian peserta didik. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapanpembelajaran berdiferensiasi untuk mengembangkan potensipeserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalahkualitatif dengan metode deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata dan gambar dan bukanangka yang didapat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasanpembelajaran yang diterapkan di SDN Kelapa Dua telahmenggunakan pembelajaran berdiferensiasi dalammenghadapi keberagaman kebutuhan, karakteristik dan kemampuan peserta didik di SDN Kelapa Dua. Pengembangan kegiatan pembelajaran yang meliputi 4 komponen yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk dan lingkungan belajar yang dirancangsedemikian rupa oleh pendidik agar sesuai dengan keberagaman kebutuhan, karakteristik dan kemampuanpeserta didik untuk meningkatkan potensi yang ada pada setiap peserta didik.

Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Potensi, Peserta Didik

Published

2024-06-29

Citation Check