Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Prespektif Gender

Authors

  • Diayu Mita Lestari Imania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Tri Linggo Wati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca permulaan yang dimiliki oleh siswa sekolah dasar kelas 1 SDN Kepuhpandak 2, Mojokerto. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative Research). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepuhpandak 2 Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Trianggulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan yang dimiliki oleh siswa kelas 1 SDN Kepuhpandak 2 dari keseluruhan siswa kelas 1 dengan mengambil 5 siswa sebagai subjek penelitian diantaranya rendah dalam kemampuan membaca permulaan. Dari 5 siswa 2 siswa memiliki kemampuan membaca yang cukup baik dengan mampu mengenal dan membedakan bunyi huruf, membaca kata bermakna, kata tak bermakna serta kemampuan membaca cepat. Sedangkan 4 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan yang cukup rendah dengan masih belum membedakan bunyi huruf, dan kesulitan dalam membaca sehingga perlu adanya bantuan mengeja. Kemampuan yang dimiliki siswa membaca permulaan rendah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kurangnya minat atau motivasi dalam membaca sehingga banyak siswa yang kesulitan dalam membaca permulaan.

 

Published

2024-05-04

Citation Check