Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar

Authors

  • Tri Indah Sari Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Intan Virga Elita Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Shafa Rahma Fadhila Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Agnes Herlina Dwi Hadiyanti Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4296

Abstract

Abstrak

Studi ini mengeksplorasi implementasi pendekatan pembelajaran berdiferensiasi di SDN Sarikarya, dengan fokus pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Pancasila untuk kelas I, II, dan IV. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus, temuan menyoroti pentingnya pengakuan akan perbedaan individual siswa dalam hal minat, gaya belajar, dan tingkat kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif dalam pengembangan potensi siswa di berbagai aspek, termasuk akademik, sikap, dan keterampilan. Penilaian terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa juga menggambarkan bahwa pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pencapaian siswa dalam berbagai aspek, sementara memungkinkan guru untuk merespons kebutuhan individual siswa dan memberikan dukungan tambahan kepada siswa yang memerlukan.

Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, matematika, bahasa indonesia, pendidikan pancasila

Published

2024-04-06

Citation Check