Evaluasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Model CIPP pada Sekolah Dasar di SD IT Bina Bangsa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4288

Abstract

Pembelajaran P5 adalah salah satu pembelajaran yang baru diimplementasikan bersama Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi context, input, process, dan product dari pembelajaran (P5) dengan model CIPP pada sekolah dasar di SDIT Bina Bangsa. Penelitian ini memakai metode campuran (mix method) Sequential Exploratory Design dengan model evaluasi CIPP. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen yang dikembangkan berupa kisi-kisi, angket, serta analisis dokumen. Instrument yang telah dikembangkan divalidasi oleh 2 ahli yang terdiri dari ahli evaluasi pembelajaran. Berdasarkan penelitian menggunakan model evaluasi CIPP, mendapatkan hasil komponen context tergolong pada kategori sangat baik, komponen input sangat baik, komponen process sangat baik, dan komponen product sangat baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran P5 dengan model CIPP pada Sekolah Dasar di SDIT Bina Bangsa sudah berada pada kategori baik.

Published

2024-03-04

Citation Check