Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model PBL Berbasis Media Snack And Leaders Game Pada Siswa Kelas 1 SDN Dukuh 1 Bendo Magetan

Authors

  • Anik Sri Lestari Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Cerianing Putri Pratiwi Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Sariyem Sariyem Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model PBL berbasis media snake and leaders game pada siswa kelas 1 SDN Dukuh.  Kemampuan membaca siswa akan Nampak melalui kemampuan menyebutkan huruf-huruf hingga membaca kata. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini di laksanakan di kelas 1 SDN Dukuh Kabupaten Magetan yang berjumlah 10 siswa. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Data penelitian ini diperoleh melalui obserbasi dan Tes. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbasis media snack and leaders game dapat meningkatkan kemampuan membaca permualaan siswa kelas 1 SDN Dukuh Magetan.

Kata Kunci: Membaca Permulaan, PBL, Snake and leaders game

 

Published

2023-07-12

Citation Check