KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI NOLTING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hani Faturrochmah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ryky Mandar Sary Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mira Azizah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1404

Keywords:

Kesalahan siswa, bangun datar, teori Nolting

Abstract

     Dalam mengerjakan matematika banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar. Hal ini disebabkan matematika kurang diminati oleh siswa karena matematika memiliki konsep dan prinsip matematika yang belum dipahami siswa dengan baik, sehingga dapat menyebabkan kesalahan terutama dalam materi bangun datar. Tujuan penelitian ini  yaitu menganalisis jenis kesalahan dan faktor penyebab siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan teoriNolting. Penelitian menggunakan jenis pendekatan  kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah soal tes bangun datar dan pedoman wawancara. Penelitian tersebut menghasilkan temuan bahwa 16% siswa melakukan kesalahan kecerobohan (carelles errors), 26% siswa melakukan kesalahan konsep (concept errors) , 18% siswa melakukan  kesalahan penerapan (application errors), dan 78% siswa melakukan  kesalahan penentuan hasil jawaban (test taking erorrs).Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar adalah lupa dan terburu-buru dalam menuliskan jawaban, tidak teliti dalam membaca soal, tidak memeriksa kembali jawaban yang telah ditulis, tidak mengetahui permasalahan dalam soal, tidak mengetahui hal apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak tahu rumus yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan soal, tidak paham dengan materi bangun datar, bingung mengaplikasikan bilangan yang ditanyakan pada soal, tidak mengetahui langkah-langkah dalam menyelesaiakan soal, asal-asalan dalam memilih bilangan, dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan diakhir jawaban.

Author Biographies

Hani Faturrochmah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ryky Mandar Sary, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mira Azizah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Aisyah, FN., Hariyani, S., &Dinullah RN. (2019). Analisis kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. JRPM- Jurnal Review Pembelajaran Matematika, Universitas Kanjuruhan Malang, 4(1), hlm. 11-22

http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Atiqoh, K. (2019).Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1(1), hlm.63-73.

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/article/download/11687/594

Darmawati, E., Irawan, E.B , & Chandra, T. D. (2017). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang.

https://core.ac.uk/download/pdf/267023905.pdf

Fadhilah, R.N., Sary, R.M.,& Wakhyudin. H.(2019). “Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hubungan Antar Garis Di Kelas IV Sekolah Dasarâ€. SENDIKA,. Universitas PGRI Semarang, 1(1).

http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/387/232

Ferwinda, E., &Syahrifuddin. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tipe Newman Pada Kelas IV SD Se-Gugus 1 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), PGSD FKIP Universitas Riau, 3(2).

https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/6664

Fitria, NT. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesikan Soal Cerita Berbahasa Ingrris Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.Jurnal Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1423

Gazali, R.Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna.Jurnal Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin, 2(3).

https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/47

Maratush, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VII MTS Laboratorium UIN-SU. (Skripsi). Sumatera Utara Medan: Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri.

http://repository.uinsu.ac.id/4014/

Nuraini, N.S., Suhartono., & Yuniawatika. (2016). Kesalahan Siswa Pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar. JurnalJurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, (2), hlm.168-175.

http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1337/703

Putra, MA., Jaeng, M.,& Sukayasa. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Al-Azhar Mandiri Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar.Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulak, 3(3).

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/download/7196/5787

Rahmah, N.(2013). Hakikat Pendidikan Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiah Stain Papopo, 2. hlm.1- 10.

https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/88/75

Safitri, FA. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, Universitas Jember, 5(1). hlm. 42-49.

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/18465/9305

Sari, R.Y., Saputra, H.J., &Azizah, M. (2019). “Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikaâ€. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17180/10312

Soeprianto, H. (2009). Penerapan Pembelajaran Nilai-Nilai Yang Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran Matematika.Jurnal Education FKIP Universitas Mataram, 4 (2), hlm.29-37.

http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/42/39

Sukmana, E. I., & Arhasy, H. E. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kawali Tahun Ajaran 2018/2019â€. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi,Tasikmalaya.

http://jurnal.unsil.ac.id/index/php/sncp/article/view/1040/700

Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. IKIP Siliwangi, 3(5), hlm. 423-432.

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3831/1876

Susilawati, & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2015/2016 Menyelesaikan Permasalahan Peluang Dengan Menggunakan Ketegori Kesalahan Watson. Mahasiswa FKIP Universitas Mariim Raja Ali Haji, FKIP Universitas Maritim Raa Ali Haji.

https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/3630/1908

Zulfa, N. (2019) “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantu Media Papan Berpetak Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kalibeluk 01. Jurnal Malih Peddas, FIP, Universitas PGRI Semarang , 9(1).

http://journal.upgris.ac.id/indexs.php/malihpeddas/article/view/3252

Downloads

Published

2021-07-08

Citation Check