MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MEDIA VIDEO
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1394Keywords:
Video media, learning motivation, learningAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas IV di SD Negeri I Wonodadi Wetan melalui penggunaan media video. Penggunaan media video dipilih karena media video sendiri dirasa mampu menumbuhkan semangat dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana peneliti mengamati secara langsung pembelajaran yang sedang berlangsung dan menggambarkan atau mendeskripsikan data hasil penelitian dari lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah catatan harian guru, lembar observasi dan wawancara. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Wonodadi Wetan pada kelas 4 dengan 1 guru dan 2 siswa sebagai partisipan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan perubahan motivasi belajar anak setelah diterapkan penggunaan media video beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Media video menawarkan audio visual yang memberikan efek beda yang membuat pembelajaran lebih modern dan inovatif dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian adalah perubahan motivasi yang mempengaruhi, faktor internal berasal dari dalam diri sendiri yaitu faktor jasmaniah, faktor psikologis dan faktor kelelahan. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar yaitu seperti faktor keluarga, sekolah dan lingkungan. Temuan dalam penelitian ini adalah media video pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif dalam membantu mengembangkan motivasi belajar peserta didik.
Â
Kata Kunci : Media video, Motivasi belajar, Pembelajaran
Â
The purpose of this study was to increase the learning motivation of grade IV students at SD Negeri I Wonodadi Wetan through the use of video media. The use of video media was chosen because video media itself was felt to be able to foster students' enthusiasm and interest in participating in learning. This study uses qualitative research where the researcher directly observes the ongoing learning and describes or describes the research data from the field. The data collection instruments were the teacher's diary, observation sheets, and interviews. The research was conducted at SDN 1 Wonodadi Wetan in grade 4 with 1 teacher and 2 students as participants. The data validity technique used source triangulation and data analysis techniques used data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed changes in children's learning motivation after the use of video media and the factors that influence it. Video media offers audiovisuals that provide different effects that make learning more modern and innovative in learning. The conclusion of this research is the change in motivation that affects, internal factors that come from within, namely physical factors, psychological factors, and fatigue factors. While external factors are factors that come from outside, such as family, school, and environmental factors. The finding in this study is that instructional video media can be used as an alternative in helping develop students' learning motivation.
Keywords: Video media, learning motivation, learning
References
Al Fath, Ayyatullah Muhammadin.2015.Penerapa Metode Inquiry dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Materi Lingkungan Kelas V SD Negeri Kacangan I Kecamatan Sumberlawang.Sragen: Vol.6(2) Hal. 1-11.ISSN2086-1397.
Bernadette, Gold&Manfred, Holodynski. 2016. Menggunakan video digital untuk mengukur visi profesional manajemen kelas dasar: Validasi tes dan tantangan metodologi. Muenster: Jurnal Komputer & Pendidikan Vol 107 hal. 13-30. ISSN. 0360-1315. http://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2016.12.012
Christian Tarchi, Sonia Zacollati, Lucia Mason. 2021. Belajar Dari Teks, Video atau Sub Judul : Analisis Komparatif. Florence : Jurnal Komputer dan Pendidikan hal. 1-12 https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104034
Gaudin&Charles. 2015. Menonton Video Dalam Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional: Tinjauan Pustaka. Toulouse: Jurnal Review Penelitian Pendidikan. Vol. 16 hal. 41-67. ISSN. 1747-938X. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.06.001.
W. Goh, E. Ayub, S. Y. Wong and C. L. Lim, The importance of teacher's presence and engagement in MOOC learning environment: A case study.IEEE Conference on e-Learning, e-Management and e-Services (IC3e).hal. 127-132, doi: 10.1109/IC3e.2017.8409250
Hau-lin Tam, dkk. 2020. Arti Penting Kecerdasan Emosional Untuk Motivasi Belajar Siswa dan Prestasi Akademik: Studi di Hong Kong dengan warisan Konfusianisme. Kowloon Tong: Jurnal Review Layanan Anak dan Remaja. Vol. 121 hal. 1-36 ISSN. 0190-7409 https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105847
Kunarto, K.2019.UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA VIDEO.Kudus:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6i1.100
Restiaji, D.Hardiam, M.Hidayah, Y&Suryaningsih, A. 2020.Identifikasi motivasi belajar anak dalam penerapan media pembelajaran uno stacko for question card.Surabaya: Elementary School, 7(19), 254–264. ISSN. 2502-4264. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.756
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Coronadisease 2019(Covid-19).https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Suryana, S. 2020. Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Semarang: Jurnal Edukasi. Vol. 14(1) Hal 1-12. ISSN. 2746-4016. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971.
Trevino, Naomi Noel&Freitas, Stacie Craft. 2014. Hubungan Antara Motivasi Intrinsik dan Prestasi Akademik untuk Mahasiswa Latino Generasi Pertama. Washington: Jurnal Internasional Psikologi Sosial Pendidikan. Vol. 17(2). Hal. 293-306. https://doi.org/10.1007/s11218-013-9245-3
Troseth, George, dkk. 2016. Merancang Dan Menggunakan Buku Digital Untuk Pembelajaran (Kasus Informatif Anak-Anak dan Video). South Dakota: Jurnal Internasional Interaksi Komputer Anak Vol. 16 hal. 1-23. ISSN. 2212-8689. http://dx.doi.org/10.1016/j.ijcci.2016.12.002
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es